Tips Budidaya Udang Vaneme Secara Intensif Menggunakan Pupuk Yatop

Selamat datang di blog pupuk Organik Yatop  Panen melimpah petani senang virus hilang export udang tercapai

image_20170915_072624.jpg

1.Cara memelihara udang vaname tidak terkena berbagai penyakit seperti Wsf/Mio/Bercak putih dll. ?

Sehat itu penting, pertama yang harus di sterilkan yakni Air terlebih dulu. Tebarkan Yatop 3 Liter/hektar ke area tambak dengan dicampur air, lakukan penaburan serata mungkin. Tujuannya agar air netral, seimbang, hewan kecil seperti plangkton dan phyto plankton tumbuh dengan cepat selain itu juga kondisi tanah didalam tambak cepat berlumpur seperti tepung, dimana menyebabkan udang betah dan nyaman berada di dasar lumpur, maka nanti hasilnya udang akan berkembang dengan cepat. Lakukan setiap 1 minggu sekali di tabur pupuk yatop 1 liter/hektar tujuannya adalah untuk menjaga ekosistem di area tambak, menjaga kesehatan udang lebih agresif, gesit dan nafsu makannya bertambah 3 kali lipat. Penaburan yatop 1 liter/hektar setiap 1 minggu sekali merupakan hal yang harus, karena untuk mencegah situasi kondisi alam ekstrem yang tidak menentu. Kebutuhan pupuk yatop untuk 1 hektar antara 15 liter hingga bisa panen. ( 3 bulan ).

2. Bagaimana udang yang susah moulting ( berganti kulit ) sehingga pertumbuhannya tidak cepat ?


Udang tumbuh subur ditandai dengan terlihatnya moulting. Udang yang sehat moultingnya cepat tetapi jika udang sulit moulting pasti ada hal yang kurang di area tambak. Penyebabnya ini harus ditemukan. Namun untuk mencari faktor penyebabnya itu yang sulit bahkan pembudidaya malas untuk memeriksa. Rata-rata pembudidaya di Indonesia ingin hasil instan. Faktor udang tidak moulting dikarenakan kondisi kulit udang mengeras. Solusinya adalah Taburkan yatop sebanyak 5 liter/hektar semakin banyak pupuk yatop di tebarkan ke area tambak maka udang moulting akan lebih cepat. Sifat pupuk yatop itu perih jika terkena luka, rasa perihnya itu dalam waktu sekian detik atau menit, apabila kena kulit udang maka hasilnya udang akan lebih cepat berganti kulit. Seringkali udang akan berganti kulit dalam waktu 4 hari.

3. Bagaimana udang stress/teller masih dapat diselamatkan ?Udang bisa stress

dikarenakan banyak factor, diantaranya adalah kondisi di dasar tambak tidak seimbang, kekurangan protein di dasar, tengah dan di atas air. Yatop adalah pupuk yang didalamnya terkandung banyak protein tinggi. Ciri-cirinya adalah jika tutup botol di buka lalu ditutup lagi maka proteinnya otomatis muncul ke permukaan berwarna keputih-putihan. Jika udang stress/teller dan naik ke permukaan maka solusinya adalah taburkan Pupuk Yatop sebanyak 3 liter/hektar lalu tunggu sebentar 1 hingga 3 jam, apakah udang turun kembali ke dasar atau tidak. Jika masih belum turun maka taburkan lagi yatop sebanyak 1 – 2 liter lg. Semakin banyak yatop di tabur maka semakin cepat udang akan turun ke bawah dan normal kembali. Jika udang sudah stress dan pulih kembali dengan pupuk yatop maka Usahakan dilakukan penaburan yatop 1 liter/hektar secara rutin setiap 1 pekan sekali. Jangan lewat satu minggu karena akan menyebabkan udang stress lagi.

4. Bagaimana tambak yang sudah tidak produktif / jarang menghasilkan masih bisa diperbaiki ?

Tambak yang sudah rusak/kurang produktif masih bisa diperbaiki, caranya yakni harus kembali ke alam. Pakai kotoran sapi, dikarenakan di dalam lument sapi terdapat banyak mikroba yang berguna untuk tanah dan dapat bertahan hingga 3 bulan. Rumus pembuatan Kotoran sapi Sbb. : 1 LITER YATOP + 5 KG KOTORAN SAPI BARU + 50 LITER AIR. Permentasi selama 1 minggu, tiap hari di aduk selama 5 menit. Jika sudah 1 minggu taburkan ke tambak dalam kondisi macak-macak. Diamkan sampai 5 hari setelah timbul lumut sutera kemudian isi tambak hingga penuh. Kebutuhan kotoran sapi sebanyak 50 kg/hektar. Kotoran hewan sapi wajib menggunakan yang baru, maksimal 3 hari setelah keluar dari dubur sapi

  Kelebihan Pupuk Yatop Untuk Udang Vanamei

Menurut pengalaman di Lapangan pupuk Yatop memiliki karakteristik yang unik dan aneh di berbagai wilayah di Tanah Air. Keunggulannya adalah sebagai berikut :

1. Bisa Menetralisir Air Payau

Air payau untuk udang bisa dinetralisir oleh pupuk Yatop dalam waktu berkisar 3 jam. Caranya : Sediakan air payau ke dalam gelas (240 cc) kemudian masukan juga pupuk yatop. Air payau yang terasa asin berubah menjadi netral selama kurang lebih 3 jam, dan garamnya turun ke dasar gelas. Lama-lama air tadi akan terasa seperti manis jambu air.

2. Bisa Menetralisir Residu Kimia Didalam Air

Air yang sudah tercemar oleh limbah dari pabrik dapat dinetralisir oleh pupuk Yatop dalam kurun waktu 3 hari. Air tambak yang tadinya tercemar dalam 3 hari akan berubah warnanya. Makanya saya memberikan saran sebelum udang dimasukan ke area tambak alangkah baiknya ditabur yatop terlebih dahulu setelah 3 hari baru masukan benih udang.

3. Ph Air Dan Ph Tanah Menjadi Seimbang

Setelah air & tanah di tabur yatop maka selama 3 hari kondisinya menjadi seimbang. Hal ini telah terbukti dengan test kertas lakmus dimana PH tanah {berubah menjadi|menjadi| 6. Jika PH telah seimbang maka udang pun akan bertumbuh dengan cepat.

4. Tanah Lumpur Akan Menjadi Halus Seperti Tepung

Tanah lumpur yang sudah diberi yatop maka kondisi lumpurnya akan mengalami perubahan menjadi halus seperti tepung dalam kurun waktu 4 hari. Semua mikroba tanah akan bereaksi karena pupuk merupakan sumber makanan bagi bakteri.

5. Lumut Sutera Akan Tumbuh

Tambak yang di taruh dengan Yatop akan tumbuh lumut sutera, paling cepat 4 hari sampai 1 minggu. Lumut sutera baik sebagai sumber makanan udang.

6. Mengobati Luka Pada Udang

Udang yang terserang oleh penyakit, Virus atau lainnya dapat disembuhkan dalam kurun waktu 30 menit. Jika lumpurnya sudah mengandung yatop maka hasilnya udang yang luka masuk ke dalam lumpur dan lukanya cepat terobati.

7. Plankton Berkembang Dengan Cepat

Tambak yang sudah di tabur pupuk yatop dalam jangka waktu 3 hari akan terlihat plankton-plankton yang hidup didasar, tengah dan permukaan air.

8. Udang Stress Normal Kembali

Jika melihat udang yang sedang stress atau minggir ke atas air maka udang tersebut hidupnya tidak akan bertahan, esok atau lusa udang akan mati. Apabila melihat kejadian seperti itu maka solusi tepatnya Tebarkan Yatop 3 liter perhektar, dalam hitungan 3 jam udang akan sehat kembali dan kembali ke dasar tambak. Udang setelah ditabur pupuk akan lebih gesit/lincah.

9. Daging Udang Bebas Residu


Udang yang sudah memakai yatop pada saat dipanen dagingnya sudah bebas dari residu kimia. Warna udang cerah, daging lebih kenyal, rasa gurih. Pupuk Organik Organik Yatop di resmikan Oleh Bupati malinau Dr.yansen TP.M.SI 15 Oktober 2014

bupati-malianu.jpg

Untuk Konsultasi dan pemesanan langsung dengan Umar yatop di no 085286231111

khusus yang menggunakan Hp bisa langsung mengunjungi link di bawah ini

 klik di sini untuk pemesanan Pupuk Yatop melalui wa

klik di sini untuk menghubungi kami

Klik di sini untuk melakukan pemesanan

0 Response to "Tips Budidaya Udang Vaneme Secara Intensif Menggunakan Pupuk Yatop"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel