Tips Budidaya Udang Vaneme Secara Modern Memakai Pupuk Yatop

Selamat datang di blog pupuk Organik Yatop  Panen melimpah petani senang virus hilang export udang tercapai

image_20170915_072620.jpg

1.Cara memelihara udang vaname tidak terkena virus Wsf/Mio/Bercak putih dll. ?

Sehat itu paling utama, pertama yang wajib di sterilkan yakni Air terlebih dulu. Tebarkan Yatop 3 Liter/hektar ke area tambak dengan cara dikombinasikan air, lakukan penaburan serata mungkin. Tujuannya biar air tidak tercampur bakteri, seimbang, plangkton dan phyto plankton tumbuh dengan cepat selain itu juga kondisi tanah didalam tambak cepat berlumpur seperti tepung, dimana menyebabkan udang tidak cepat naik ke atas dan nyaman berada di dasar lumpur, maka nanti hasilnya udang akan berkembang dengan besar. Lakukan setiap 1 pekan sekali di tabur pupuk yatop sebanyak 1 liter/hektar tujuannya adalah untuk tetap menjaga ekosistem di dalam tambak, menjaga kesehatan udang lebih aktif, lincah dan nafsu makannya akan meningkat 3 kali lipat. Penaburan pupuk yatop sebanyak 1 liter/hektar setiap 1 pekan sekali adalah hal yang wajib, karena untuk mencegah situasi kondisi alam ekstrem yang tidak menentu. Kebutuhan yatop untuk 1 hektar adalah 15 liter hingga panen. ( 3 bulan ).

2. Bagaimana udang yang sulit moulting ( berganti kulit ) sehingga pertumbuhannya tidak cepat ?


Udang tumbuh besar ditandai dengan kelihatan moulting. Udang sehat moultingnya cepat namun kalau udang sulit moulting pasti ada sesuatu yang kurang di dalam tambak. Penyebabnya ini harus dicari. Namun untuk menemukan faktor penyebabnya itu yang sulit bahkan pembudidaya malas untuk meneliti. Rata-rata pembudidaya kita pengen instan. Penyebab udang tidak moulting karena kondisi kulit udang yang mengeras. Solusinya yakni dengan menaburkan yatop sebanyak 5 liter/hektar semakin banyak yatop di tebarkan ke tambak maka udang moulting akan lebih cepat. Sifat pupuk yatop itu perih kalau kena luka, perihnya itu hanya dalam waktu sekian detik atau menit, jika kena kulit udang maka udang akan lebih cepat berganti kulit. Biasanya udang akan berganti kulit membutuhkan waktu 4 hari.

3. Bagaimana udang stress/teller masih dapat ditolong ?Udang bisa stress

dikarenakan banyak factor, misalkan adalah kondisi di dasar tambak tidak seimbang, kekurangan protein di dasar, tengah dan di atas air. Pupuk Yatop merupakan pupuk yang didalamnya terkandung banyak protein tinggi. Ciri-cirinya adalah kalau tutup botol di buka lalu ditutup lagi maka proteinnya otomatis muncul ke permukaan berwarna putih. Apabila udang stress/teller dan naik ke permukaan maka solusinya dengan cara taburkan Pupuk Yatop 3 liter/hektar kemudian tunggu 1 sampai 3 jam, apakah udang turun kembali ke dasar atau tidak. Jika masih belum turun juga maka taburkan kembali pupuk yatop sebanyak 1 – 2 liter lg. Semakin banyak pupuk yatop di tabur maka semakin cepat udang akan turun ke bawah dan normal kembali. Jika udang sudah stress dan pulih kembali dengan yatop maka lakukan penebaran yatop sebanyak 1 liter/hektar secara kontinyu setiap 1 pekan sekali. Jangan sampai lewat satu minggu dikarenakan akan menyebabkan udang stress lagi.

4. Bagaimana tambak yang sudah kurang produktif / jarang menghasilkan masih dapat diperbaiki ?

Tambak yang sudah rusak/tidak produktif masih bisa diperbaiki, caranya adalah harus kembali ke alam. Gunakan kotoran hewan sapi, dikarenakan di dalam lument sapi banyak mikroba yang bermanfaat untuk tanah dan bisa bertahan sampai 3 bulan. Rumus pembuatan Kotoran sapi sebagai berikut. : 1 LITER PUPUK YATOP + 5 KILOGRAM KOTORAN SAPI BARU + 50 LITER AIR. Fermentasi dalam kurun waktu 1 minggu, tiap hari di aduk selama kira-kira 5 menit. Setelah 1 minggu taburkan ke area tambak dalam kondisi macak-macak. Biarkan selama 5 hari setelah timbul lumut sutera kemudian isi tambak hingga penuh. Kebutuhan kotoran hewan sapi sebanyak 50 kg/hektar. Kotoran sapi wajib menggunakan yang baru, maksimal 3 hari setelah keluar dari dubur sapi

  Keunggulan Pupuk Yatop Untuk Udang Vanamei

Berdasarkan pengalaman di Lapangan pupuk Yatop mempunyai sifat yang unik dan aneh di berbagai wilayah di Tanah Air. Kelebihannya adalah sebagai berikut :

1. Dapat Menetralisir Air Payau

Air payau untuk udang dapat dinetralisir oleh yatop dalam kurun waktu kira-kira 3 jam. Caranya : Masukan air payau ke dalam gelas (240 cc) kemudian masukan juga pupuk yatop. Air payau yang tadinya asin berubah menjadi netral selama kurang lebih 3 jam, dan garamnya turun ke dasar gelas. Lama kelamaan air tersebut berasa seperti manis jambu air.

2. Bisa Menetralisir Residu Kimia Didalam Air

Air yang sudah tercemar oleh limbah dari pabrik dapat dinetralisir oleh pupuk Yatop dalam kurun waktu 3 hari. Air tambak yang tadinya tercemar dalam 3 hari berubah warnanya. Oleh karena itu saya menyarankan sebelum udang dimasukan ke area tambak alangkah baiknya ditabur yatop dulu apabila sudah 3 hari barulah masukan benih udang.

3. Ph Air Dan Ph Tanah Menjadi Seimbang

Setelah air dan tanah di tabur pupuk yatop maka selama 3 hari kondisinya akan seimbang. Hal ini sudah terbukti dengan melakukan test kertas lakmus dimana PH tanah {berubah menjadi|menjadi| 6. Jika PH telah seimbang maka udang pun akan berkembang dengan subur.

4. Tanah Lumpur Akan Menjadi Halus Seperti Tepung

Tanah lumpur yang telah diberi yatop maka kondisi lumpurnya akan berubah menjadi lebih halus seperti tepung dalam jangka waktu 4 hari. Semua mikroba tanah akan bereaksi karena yatop merupakan sumber makanan untuk bakteri.

5. Lumut Sutera Menjadi Subur

Tambak yang di tabur dengan Yatop akan tumbuh lumut sutera, paling cepat 4 hari sampai 1 minggu. Lumut sutera baik untuk sumber makanan udang.

6. Mengobati Luka Pada Udang

Udang yang terkena penyakit, Virus atau lainnya bisa disembuhkan dalam waktu 30 menit. Jika lumpurnya sudah mengandung yatop maka hasilnya udang yang terkena luka masuk ke dalam lumpur dan lukanya akan cepat sembuh.

7. Plankton Berkembang Dengan Cepat

Tambak yang telah di tabur Yatop dalam jangka waktu 3 hari akan terlihat plankton-plankton yang hidup didasar, tengah dan permukaan air.

8. Udang Stress Normal Kembali

Jika melihat udang yang sedang stress atau minggir ke atas permukaan maka udang itu hidupnya tak akan lama, besok atau lusa udang akan mati. Jika melihat peristiwa seperti itu maka solusi tepatnya Taburkan Yatop sebanyak 3 liter perhektar, dalam kurun waktu 3 jam udang akan sehat kembali dan kembali ke dasar tambak. Udang setelah ditabur pupuk akan lebih gesit/lincah.

9. Daging Udang Bebas Residu


Udang yang sudah menggunakan pupuk Yatop ketika dipanen dagingnya sudah bebas dari bahan kimia. Warna udang cerah, daging lebih kenyal, rasa gurih. Pupuk Organik Organik Yatop di resmikan Oleh Bupati malinau Dr.yansen TP.M.SI 15 Oktober 2014

bupati-malianu.jpg

Untuk Konsultasi dan pemesanan langsung dengan Umar yatop di no 085286231111

khusus yang menggunakan Hp bisa langsung mengunjungi link di bawah ini

 klik di sini untuk pemesanan Pupuk Yatop melalui wa

klik di sini untuk menghubungi kami

Klik di sini untuk melakukan pemesanan

0 Response to "Tips Budidaya Udang Vaneme Secara Modern Memakai Pupuk Yatop"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel